Kamis, 30 Desember 2010

Tahun Kebangkitan Music Country?



TAHUN macan mungkin tak berlebihan jika disebut sebagai kebangkitan musik country di negeri Paman Sam. Kebangkitan ini ditandai dengan sejumlah prestasi yang diraih sejumlah musisi country.

Bicara musik country, salah sepertinya jika tak mengulas Taylor Swift. Penyanyi muda berbakat ini terus bersinar sepanjang tahun 2010. Belasan penghargaan ajang musik bergengsi sudah digondolnya.

Taylor Swift menjadi penyanyi country muda yang cukup mengejutkan di akhir tahun 2009 lalu. Dalam ajang MTV Music Video Award dia berhasil menggondol empat penghargaan, entertainer terbaik, video klip terbaik, album terbaik, dan juga penyanyi wanita terbaik.

Sebulan kemudian, karena keramahannya kepada jurnalis pelantun Love Story ini juga mendapatkan penghargaan dari Associated Press sebagai Entertainer of the Year. Lalu, apakah sinarnya padam di tahun 2010?

Ternyata tidak, awal tahun ini dia menggondol tiga penghargaan dalam ajang bergengsi Grammy Award. Dia dinobatkan sebagai Best Female Country Vocal Performance (White Horse), Best Country Song (White Horse),dan Best Country Album (Fearless).

Juni 2010, bersama dengan Phil Collins, pelantun Speak Now ini juga mendapatkan penghargaan Hal David Starlight Award pada Taylor Swift, sebagai penulis muda yang berbakat dalam ajang Songwriter Hall of Fame.


Bukan hanya Taylor Swift, sebuah grup band Country, Lady Antebellum juga meraih kesuksesan yang kurang lebih sama. Band yang meluncurkan album Need You Now di awal tahun ini berhasil menempati puncak penjualan album terbanyak di Billboard 200 Februari 2010.

Trio ini juga selalu masuk sebagai nominator sejumlah ajang musik bergengsi tahun ini seperti Country Music Association Award, American Music Award, American Country Award.

Bahkan di ajang tahun depan band yang digawangi Charles Kelley, Dave Haywood, and Hillary Scott masuk nominasi People’s Choice Award. Di ajang Grammy Award, grup band asal Tennese ini berhasil masuk dalam enam nominasi.

Lain itu, ada juga grup band country Zac Brown.

Band asal Atlanta, Georgia ini berhasil memikat pecinta musik country saat mendapatkan penghargaan Best New Artist dalam ajang Grammy Award, Februari 2010. Band baru ini juga mendapatkan penghargaan yang sama dalam ajang Country Music Association Award.

Band ini juga memecahkan telor sejarah musik country dalam 54 tahun terakhir. Karena berhasil menjadi band country kedua di tahun yang sama yang memimpin dalam Billboard 200.

Di awal tahun, grup band Lady Antebellum berhasil menempati posisi puncak ini, tepatnya Februari 2010. Selama ini, grup band musik country hanya berhasil menempatkan satu band saja di posisi puncak di tahun yang sama.

Barulah tahun 2010 ini, dua band country berhasil menempati posisi puncak penjualan album di pasaran. Apakah tahun mendatang, country akan semakin melaju dan menjadi tren? Kita lihat saja nanti.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar :