Selasa, 03 Januari 2012

Anggun bakal adu bakat di Eurovision Song Contest


Di satu sisi kita bangga penyanyi dan pencipta lagu asal Indonesia, Anggun, bakal tampil di salah satu ajang bergengsi di Eropa, Eurovision Song Contest.

Namun sayangnya dia tak akan mewakili Indonesia, karena pada dasarnya Eurovision yang rencananya dihelat tanggal 26 Mei 2012 di Baku, Azerbaijan, adalah sebuah kompetisi lagu pop yang digelar oleh negara-negara yang aktif di European Broadcasting Union (EBU). So pastinya, dia bakal mewakili negara Eropa yang aktif di EBU, yaitu dalam hal ini Prancis. Penunjukkan Anggun untuk mewakili Prancis ini bukan tak beralasan karena dia memang udah jadi warga negara itu setelah menikahi pria Prancis.

Buat Anggun, ini adalah kehormatan besar. Meskipun dia sendiri belum tahu akan membawakan lagu apa pada ajang kompetisi itu. Setiap negara yang berpartisipasi harus mendaftarkan sebuah lagu yang akan ditampilkan di dalam program televisi itu secara live oleh grup atau musisi yang telah dipilih dan lalu melakukan pemungutan suara guna menentukan lagu paling populer dalam kompetisi tersebut.

Eurovision pertama kali diluncurkan 1956 dalam bentuk program televisi dan ditonton oleh 100 hingga 600 juta pemirsa.

Prancis termasuk salah satu langganan pemenang kompetisi ini. Prancis bersama Luksemburg dan Inggris Raya telah menjadi juara sebanyak lima kali sementara Irlandia unggul dengan tujuh kali juara.

Beberapa nama musisi atau grup yang pernah menjuarai Eurovision Song Contest di antaranya adalah ABBA yang mewakili Swedia pada 1974 dengan lagu “Waterloo”, Celine Dion yang mewakili Swiss pada 1988 dengan lagu “Ne partez pas sans moi.” Prancis sendiri terakhir memenangkan Eurvision 34 tahun lalu setelah Marie Myriam pada tahun 1977 jadi juaranya dengan menyanyikan lagu “L’Oiseau et L’Enfant”. Well anyway, good luck, Anggun!

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar :